Kamis, 16 Juni 2011

Hebat! Gelombang Radio Sembuhkan Asma


Studi terbaru menemukan fakta, penderita asma kini memiliki harapan baru untuk dapat hidup normal, yakni dengan gelombang radio.

Penyakit asma adalah suatu penyakit kronik (menahun) yang menyerang saluran pernafasan (bronchiale) pada paru yang terdapat peradangan (inflamasi) dinding rongga bronchiale, sehingga mengakibatkan penyempitan saluran nafas yang akhirnya seseorang mengalami sesak nafas.

Penyakit asma paling banyak ditemukan di negara maju, terutama yang tingkat polusi udaranya tinggi, baik dari asap kendaraan maupun debu padang pasir.

Para ilmuwan melakukan penelitian pada sebuah operasi thermoplasty bronkial seorang perempuan paruh baya di RS Wythenshawe di Manchester.
Tindakan ini melakukan pembukaan pada saluran udara sehingga secara dramatis akan mengurangi gejala, melemahkan, dan membantu pasien menjalani kehidupan normal.

Seperti dikutip dari Dailymail, serangan asma berulang memang dapat menyebabkan jaringan paru-paru menebal. Tetapi pengobatan baru ini mencegahnya dengan membuka saluran udara agar pasien bisa bernapas lebih mudah.

Dalam operasi itu, tabung dimasukkan melalui hidung pasien ke dalam paru-paru. Lalu sebuah kawat dengan struktur seperti keranjang ditempatkan di bawah tabung dan dipanaskan, sehingga menghasilkan gelombang radio untuk membakar jaringan pada saluran udara yang tersumbat.

Operasi ini membutuhkan waktu satu jam dan akan diulang 1-2 bulan sampai hampir semua saluran udara diperbaiki.

"Ini sangat menarik. Ini mungkin sebuah pilihan baru untuk pasien dengan asma berat yang tetap mengalami gejala, meskipun telah menjalani terapi obat," kata Rob Niven.
Namun ia menekankan bahwa pengobatan ini hanya cocok bagi penderita asma parah 

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post