Rabu, 15 Juni 2011

[PIC] Terusan Panama ; Kapal-kapal Raksasa Diangkat Mendaki Bukit

Terusan Panama ; Kapal-Kapal Raksasa Diangkat Mendaki Bukit




Terusan Panama adalah terusan yang memotong tanah genting Panama sepanjang 82 km, memotong Amerika Utara dan Amerika Selatan sertamenghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik. Terusan ini memotong waktutempuh kapal laut karena tidak perlu memutar lewat ujung selatan AmerikaSelatan.Karena membelah dataran tinggi, kapal yang lewat kanal ini seperti naik turun gunung. Untuk itu kapal harus melewati tiga kolam dam. Di mana kapaldiangkat sampai setinggi 26 m di atas permukaan laut dan pada dam terakhirkembali diturunkan. Jalan pintas sepanjang 82 km itu dilewati hanya dalamwaktu 8 jam. 14.000 kapal per tahunSpoiler for Terusan Panama:
Di Terusan Panama terdapat 3 Locks, yaitu Gatun Locks, Pedro Miguel Locks dan Miraflores Locks. Kapal yang datang dari arah Samudera Atlantik akanmelewati Gatun Locks dan kapal diangkat 85 feet (26 meter) ke permukaandanau Gatun, kemudian kapal terus melintasi danau Gatun hingga jarak 23 mil(37 km) sebelum kemudian masuk Gaillard (Culebra). Nah setelah melewatiGaillard Cut ini kapal kemudian akan berlayar menuju Pedro Miguel Locks( panjang Gaillard Cut sendiri adalah 8 mil atau 13 km ). Sesampai di PedroMiguel Locks, nah pada locks ini ketinggian air akan berubah lebih rendahyaitu sekitar 30 feet atau 9 m yang kemudian kapal di arahkan berlayarmenuju danau Miraflores (danau ini lebih kecil ketimbang danau Gatun padalocks pertama tadi) yang akhirnya akan bertemu locks terakhir yaitu MirafloresLocks dan kapal akan kembali di turunkan ke sea level yang lalu kemudiankapal akan kembali berlayar bebas ke laut lepas (Samudera Pacifik), dan totaljarak tempuh dari Gatun Locks ke Miraflores mencapai 80 km atau 50 mil. Kapalkapal sendiri akan di tarik oleh semacam kereta dari sisi sisi kanal pada saatakan memasuki locks untuk menjaga posisinya.Spoiler for Konstruksi:
Tahun 2007 lalu, Terusan Panama mulai diperluas. Walau masing-masing dam panjangnya 305 m, lebar 33,5 m, suatu ukuran raksasa bagi kebutuhan ditahun 1914, tapi ini sudah tidak cocok lagi buat kapal-kapal tanker raksasamaupun kapal-kapal induk atau pengangkut pesawat terbesar as masa kini.Kapal pesiar “Queen Elizabeth 2″ misalnya, saat melewati kanal, di kedua sisibadan kapal itu masing-masing hanya tinggal selisih 75 cm dari dinding dam.Sedangkan kapal tempur as “New Jersey” hanya menyisakan ruang tidaksampai 25 cm di kedua sisinya! Tentu saja ini membuat kecut para pemandukapal, yang harus berada di atas kapal saat pengontrol lokomotif kecil yangmenarik kapal-kapal itu memasuki dam lewat rel baja.Spoiler for Kondisi Terkini: Spoiler for Perluasan:
Secara kongkrit, perluasan Terusan Panama akan dibarengi dengan pembangunan dua pintu air ekstra lebar, yaitu pada awal dan akhir terusan.Terusan Panama juga akan diperluas dan diperdalam di beberapa tempat.Proyek ini akan makan waktu paling sedikit delapan tahun dan biayanyamencapai lebih dari USD 5 milyar.sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2628877

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post