Rabu, 15 Juni 2011

Tips Agar Jantung Kuat Sepanjang Masa

Tips Agar Jantung Kuat Sepanjang Masa


Bagaimana cara memiliki jantung sehat sepanjang masa bagi para pria?
Coba terapkan beberapa langkah berikut agar jantung Anda terus berdetak sepanjang usia Anda:
Umur 18-25: Cukupkan Tidur
"Kurang tidur meningkatkan kadar fibrinogen Anda (protein pembekuan darah yang secara drastis mengurangi bloodflow). Jadi jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk memompa oksigen," kata Profesor Dudley Pennell, ahli jantung di Rumah Sakit London's Royal Brompton, Inggris.
Untuk mengatasinya, ambil 1g minyak ikan setiap hari untuk mengurangi kadar fibrinogen dan RHR Anda dengan rata-rata 6bpm hanya dalam waktu dua minggu, dan jangan pernah mengabaikan waktu tidur selama tujuh jam setiap hari.
Umur 26-34: Mulai Perbanyak Olahraga
"Secara fisik usia ini masih utama, tapi secara mental Anda dapat mendorong diri sendiri lebih keras, karena sinapsis antara kunci otak dan otot sepenuhnya terhubung pada usia ini," kata Dr Gary O'Donnell dosen olahraga di Universitas Exeter, Inggris.
Mengatasinya mudah, coba daki bukit atau jalan kaki 30 menit seminggu untuk menurunkan RHR Anda hingga 10% hanya dalam waktu tiga bulan.
Umur 35-44: Jaga berat badan
Setelah usia 30 tahun Anda akan kehilangan massa tubuh sekitar 5%, yang berarti jantung Anda harus bekerja lebih keras untuk menjaga aliran oksigen yang optimal di tubuh. Untuk itu O'Donnell menyarankan Anda untuk menekan bobot untuk menjaga jantung Anda. Caranya tiga kali seminggu melakukan 12 rangkaian menekuk lutut, jongkok, betis, hamstring ikal, sit-up dan push-up.
Umur 45-54: Lambat namun konstan
Olahraga dengan intensitas rendah adalah pemacu terbaik aliran darah pada usia ini. Olahraga intensitas rendah namun konstan juga dibutuhkan untuk memperkuat otot jantung. Untuk itu coba lakukan lari dengan jarak 6-8km setiap minggu dengan kecepatan yang bisa Anda sesuaikan.

 Sumber: Sehat News

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post