Rabu, 22 Juni 2011

Harry Potter Dikuburkan di Israel??

Harry Potter Dikuburkan di Israel??

Sebuah makam di Ramle, Israel membuat heboh warga lokal dan turis asing. Pasalnya, nisan di makam itu bertuliskan Ini adalah makam Harry Potter.

Sebenarnya nama Harry Potter di makam itu bukan Harry Potter penyihir remaja berkaca mata yang tenar dalam buku karangan JK Rowling. Orang bernama Harry Potter pada makam itu adalah seorang tentara Inggris yang tewas pada tahun 1939.

Meski hanya namanya yang mirip, namun batu nisan itu mampu menggiring begitu banyak turis untuk datang ke kota terpencil, Ramle. Meski berapa jumlah wisatawan yang berkunjung tidak terdata, namun sejumlah pemandu lokal dan pemerintah setempat mengatakan, makam ini membuat orang berduyun-duyun ke pemakaman militer. 

Sebagian besar wisatawan adalah warga domestik. "Ini tak ada hubungannya dengan Harry Potter dalam buku cerita, tapi nama ini sungguh menjual," kata Ron Peled, pemandu wisata yang mengaku telah membawa puluhan orang ke kuburan itu.

Harry Potter di Israel diketahui adalah seorang tentara kelahiran Birmingham, Inggris dan bergabung dengan militer Inggris pada 1938. Berdasarkan situs ketentaraan, ia datang ke Palestina, lalu terbunuh dalam pertempuran dengan kelompok bersenjata pada 1939. Saat itu, ia baru berusia 18 tahun.

Namun pada nisannya tertulis dia berusia 19 tahun. Diduga dia memanipulasi umurnya  agar bisa bergabung dalam ketentaraan. Pegawai pmerintah setempat, kuburan itu mulai jadi perhatian sekitar lima tahun lalu. Dan Kota Ramle memasukkannya dalam daftar lokasi wisata sejak tahun lalu.

Suatu sore, sekelompok wisatawan dipimpin pemandu wisata menjelajahi makam yang terawat ini mencari kuburan 'Harry Potter'. Saat ditemukan di antara 4.500 nisan, para wisatawan akan berkerumun dan mengambil fotonya.

"Inis eperti wisata ziarah. jika tidak dikatakan Harry Potter dikubur di sini, tak ada yang mau ke mari," kata salah satu wisatawan, Josef Peretz (76).
Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post