Jumat, 17 Juni 2011

Mitsubishi Jual Lima Jet untuk Pasok Maskapai RI




TOKYO - Mitsubishi Aircraft Corp kemarin menyatakan telah menyepakati perjanjian awal untuk menjual lima pesawat jenis MRJ (Mitsubishi Regional Jet) ke perusahaan leasing berbasis di Hong Kong, ANI Group Holding Ltd.

Keterangan resmi kedua perusahaan yang dikutip Wall Street Journal menyebutkan, dalam nota kesepahaman tersebut dijelaskan bahwa pembelian tersebut untuk memasok maskapai penberbangan Indonesia. “Pesawat buatan Mitsubishi ini akan disediakan untuk lima maskapai Indonesia termasuk perawatannya,” kata ANI Group.

Dalam pernyataan bersama kedua perusahaan juga disebutkan, pembelian pesawat MRJ itu berpotensi bertambah hingga 20 unit atau lebih.

ANI Group merupakan konsumen ketiga bagi Mitsubishi Aircraft Corp untuk jenis pesawat MRJ. Rencananya, pengiriman pertama pesawat berkapasitas 70-90 penumpang itu akan dilakukan mulai 2014. MRJ disebut-sebut bakal bersaing dengan pesawat sejenis dari produsen lainnya seperti Bombardier dari Kanada dan Embraer (Brasil).

“Kami sangat bangga menjadi klien pertama MRJ di Asia di luar Jepang. Perekonomian Indonesia berkembang cepat. Negara ini memiliki lebih dari 17 ribu pulau dan populasinya mencapai 240 juta orang sehingga sangat mendukung pertumbuhan ekonomi,” ujar ANI Group Holding Ltd seperti dikutip situs resmi Mitsubishi Aircraft Corporation, Jumat (17/6/2011).

ANI menambahkan, pesawat jet dengan jangkauan regional sangat penting jika melihat kondisi georgafis seperti Indonesia. Ke depan, untuk mengisi pasar yang ada, MRJ akan mengembangkan pesawat serupa dengan kapasitas hingga 100 tempat duduk.

Sementara itu, Presiden Mitsubishi Aircraft Hideo Egawa menambahkan, perusahaannya melihat adanya permintaan yang kuat di pasar Asia. Kerja sama dengan ANI diharapkan bisa meningkatkan ekspansi tidak saja di pasar Asia tetapi juga di dunia.

Mitsubishi Aircraft Corp adalah perusahaan patungan antara Mitsubishi Heavy Industries dan Toyota Motors Corp. Sebelumnya, perusahaan itu telah menerima 125 pesanan dari maskapai regional di Amerika Serikat (AS) Trans State Holding dan All Nippon Airways.

MRJ menggunakan mesin jenis PW1000G yang dibuat Pratt & Whitney, anak usaha United Technologies Corp. Pesawat ini diklaim lebih hemat bahan bakar hingga 20% dibanding tipe serupa dari pesaingnya. Mesin tersebut juga digunakan oleh Bombardier jenis C Series dan Airbus A320-neo.

Mitsubishi Aircraft merupakan produsen pesawat baru yang mulai beroperasi secara komersial pada 2008 lalu. MRJ dijadwalkan memulai terbang perdana pada kuartal II/2012. Sementara pengirimannya pertamanya pada 2014. 
sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post